Bagikan

Universitas ‘Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Siswa SMA/MA Sedrajat Tingkat Nasional. Loma MTQ Virtual ini dibuka sejak tanggal 17 Juni 2021 dan pengumuman juara akan di lanksanakan pada 21 Agustus 2021. Lomba MTQ ini di ikuti sebanyak 33 peserta dari seluruh penjuru Indonesia. Tema MTQ ini adalah “Mewujudkan Jiwa Muda Qur’ani yang Beriman, Berkemajuan dan Berkeadaban”.

Dalam sambutannya, ketua Lembaga Pengkajian dan Pengamalan Islam (LPPI) UNISA Yogyaakrta, Dr Islamiyatur Rokhmah, menyampaikan bahwa “hendaknya lomba MTQ ini jangan hanya dijadikan sebagai ajang mencari kemenangan semata, namun jadikanlah MTQ sebagai fastabiqul khairat (berlomba-lomba dalam kebaikan), diniatkan untuk ibadah dan menjalin silaturahim”. Beliau juga menyampaikan bahwa MTQ ini harus bisa dijadikan sebagai entri point yang dapat dijadikan sibghah dan membangkitkan ghirah dalam memahami dan menghayati Al-Qur’an. Demikain disampaikan oleh ketua LPPI dalam technical meeting yang diselenggaarakan secara virtual melalui jaringan zoom pada Senin 9 Agustus 2021.

Apa yang disampaikan oleh ketua LPPI UNISA Yogyakarta sejalan dengan tujuan dari diselenggarakannya MTQ virtual ini. Sebagaimana disampikan oleh koordinator MTQ, Dr M Nurdin Zuhdi, ada lima tujuan dari diselenggarakannya MTQ virtual nasional tingkat SMA sedrajat ini adalah:

1 Meningkatkan ketakwaan kepada Allah swt. di kalangan siswa;
2 Meningkatkan pemahaman dan penghayatan kandungan Al-Qur’an di kalangan siswa;
3 Mengembangkan minat dan bakat siswa, serta melestarikan seni dan budaya bangsa Indonesia dan umat Islam dalam seni membaca Al-Qur’an (tilawah al-Qur’an);
4 Meningkatkan silaturahim dan menguatkan ukhuwah islamiyah antar sekolah menengah atas sedrajat se-Indonesia;
5 Mempersiapkan kafilah masing-masing sekolah ke event MTQ Siswa Tingkat Nasional dan Internasional.

Kita mengetahui bahwa salah satu tujuan pendidikan nasional adalah untuk mencetak insan Indonesia yang beriman, berilmu pengetahuan dan bertakwa pada Allah swt., serta berbudi pekerti luhur, berkepribadian, disiplin, sehat rohani dan jasmani. Pembangunan insan Indonesia seutuhnya, termasuk dalam membentuk mental-spiritual manusia hanya dapat dicapai melalui agama dan pendidikan. Hal ini perlu dilakukan baik mulai dari kalangan masyarakat awam, sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas hingga perguruan tinggi.

Pelajar dan mahasiswa, sebagai generasi penerus masa depan bangsa, merupakan sumber daya manusia yang perlu dijaga dan ditempa dengan baik. Sehingga mengoptimalkan kemampuan dan pengembangan diri mereka, baik dalam penguasaan agama, ilmu pengetahuan dan teknologi menjadi hal yang paling penting dan strategis.

Untuk mewujudkan salah satu prinsip-prinsip yang terkandung dalam tujuan pendidikan nasional, sangat perlu diselenggarakan kegiatan pembinaan rohani bagi siswa dan mahasiswa. Sebagai upaya dalam meningkatkan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta pemahaman dan penghayatan terhadap kandungan A-Qur’an, UNISA Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan MTQ Siswa SMA/MA Sedrajat Tingkat Nasional tahun 2021. Berikut di bawah ini adalah daftar peserta yang mengikutinya:

1 Alina Miranda Putri dari Lubuklinggau, Sumatera Selatan
2 Anugrah Wendy Fratama dari Belitung Timur, Bangka Belitung
3 Wardatul Husniah dari Ogan Ilir Sumatera Selatan
4 Muslim dari Makassar
5 Fela Alfionita dari Solok Selatan, Sumatera Barat
6 Sri Retno Dumilah dari Sleman, Yogjakarta
7 Nizar Akmal Rusydi dari Cilacap Jawa Tengah
8 Yunita Dwi Lestari dari Tuban, Jawa Timur
9 Yudistira Zidane Eka Pradana dari Ponorogo, Jawa Timur
10 Nafisa Salwa Azzahra Santoso dari Semarang, Jawa Tengah
11 Aisyah Rahma Salsabila dari Kulon Progo Yogyakarta
12 Fadly Mukti Nugroho dari Poncowati, Lampung Tengah
13 Dian Realintias dari Grobogan, Jawa Tengah
14 Amin Chandra Dwiantoro dari Magetan, Jawa Timur
15 Azzah Afifah dari Sleman, Yogyakarta
16 Iqbal A’mali dari Wonosobo, Jawa Tengah
17 Ahmad Aliyuddin dari Kramat Jati, Jakarta Timur
18 Iqbal Aris Maulana dari Pasuruan, Jawa Timur
19 Tepy Lindia Nanta dari Surabaya, Jawa Timur
20 Syafira Nanda Azzahra dari Sleman, Yogyakarta
21 Dezan Apriliando dari Kota Banjar, Tasikmalaya
22 Nadiyah Rahma Dalimunthe dari Mandailing Natal, Sumatera Utara
23 Fathiyyah Arafah Afsya dari Tanah Datar, Sumatera Barat
24 Adinda thalia Salsabila dari Bandar Lampung
25 Ahnad Ega Nurul Ishaq dari Jember, Jawa Timur
26 Zein Nur Muchammad dari Sidoarjo, Jawa Timur
27 Hanif Masyhuri dari Bantul, Yogyakarta
28 Dewi Kasanah dari Bantul, Yogyakarta
29 Natasya Devinka Maharani dari Sleman, Yogyakarta
30 Azahra Luthfiana Fauzia dari Kulon Progo, Yogyakarta
31 Candra Oftriyana dari Belitung Timur, Bangka Belitung
32 Fikra Haqqul Jamil dari Bengkalis, Riau
33 Afif dari Muntilan, Jawa Tengah

Keunikan dari MTQ Virtual Nasional yang diselenggarakan oleh UNISA Yogyakarta ini adalah maqra’ yang di bawakan oleh peserta wajib bertema tentang perempuan. Hal tersebut dilakukan mengingat bahwa UNISA Yogyakarta termasuk kampus yang mayoritas dikelola oleh kaum perempaun, baik dosen maupun karyawannya. Mahsiswanya pun mayoritas perempuan. Adapun pengumuman juara MTQ Virtual Nasional ini insya Allah akan dilaksanakan pada tanggal 21 Agustus 2021 melalui website UNISA Yogyakarta. ( Oleh: M Nurdin Zuhdi)