Bagikan
Mahasiswa Baru UNISA 2018/2019 melakukan Qiyamul Lail dalam acara PROPEMKA

Mahasiswa Baru UNISA 2018/2019 melakukan Qiyamul Lail dalam acara PROPEMKA

UNISA kembali mengadakan Program Pembinaan Karakter (PROPEMKA) bagi mahasiswa baru tahun ajaran 2018/2019. Bebeda dengan periode sebelumnya, pada periode ini UNISA menyelenggarakan PROPEMKA dengan jumlah mahasiswa lebih banyak. Pada tahun ajaran 2018/2019 ini UNISA menerima lebih dari 2000 mahasiswa baru. PROPEMKA pada periode ini diselenggarakan sebanyak lima gelombang.  Gelombang I dilaksanakan pada 31 Agusus 2018 – 2 September 2018, Gelombang II dilaksanakan pad 3 September – 5 September 2018, Gelombang III dilaksanakan pada 6 September – 8 September 2018, Gelombang IV dilaksanakan pada 10 September – 12 September 2018 dan Gelombang V dilaksanakan pada 13 September – 14 September 2018.

PROPEMKA merupakan kegiatan perkaderan yang diberikan kepada mahasiswa yang di dalamnya berisi amalan ibadah praktis serta pembentukan karakter mahasiswa. PROPEMKA yang menjadi salah satu icon Universitas Aisyiyah merupakan sinergi antara berbagai bidang untuk melakukan program peningkatan mutu lulusan di Universitas Aisyiyah melalui kegiatan akademik dan non akademik. Kaderisasi menjadi program yang penting dan strategis mengingat misi dan eksistensi Muhammadiyah sebagai Gerakan Islam, Da’wah Amat Ma’ruf Nahi Munkar dan Tajdid, bersumber pada al-Qur’an dan as-Sunnah (MPK PP Muhammadiyah, 2016: 6).

Program ini memadukan  kegiatan pendalaman ibadah praktis dan pelatihan soft skill bagi mahasiswa baru untuk membeikan bekal dalam menjali aktivitas belajar di kampus serta mengenalkan budaya belajar di perguruan tinggi, sehingga setiap mahasiswa baru dapat segera menyesuaikan diri dengan seluruh rutinitas kegiatan belajar dan aktivitas non akademik di kampus. Perkaderan dasar ini akan di mulai pada tahun akademik 2018/20189. Pada saat kegiatan mahasiswa akan menginap dua hari tiga malam dan melaksanakan seluruh agenda kegiatan yang telah ditetapkan dengan di damping oleh pembimbing yang telah di latih sesui dengan keahlian atau kompetensinya.

Peserta PROPEMKA sedang mengikuti Tadarus dan Tadabur Alqur'an setelah shalat maghrib.

Peserta PROPEMKA sedang mengikuti Tadarus dan Tadabur Alqur’an setelah shalat maghrib.

Peserta Takzim Mendengarkan Materi PROPEMKA

Peserta Takzim Mendengarkan Materi PROPEMKA

Beberapa materi yang diajarkan pada PROPEMKA kali ini diantaranya adalah: Pengenalan Akidah Menjauhkan dari Praktek TBC; Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah yang membawa pencerahan dan kemajuan; Fikih Busana dalam Perspektif Muhammadiyah; Akhlak Medsosiyah di era millenial; mengenalkan dan mempraktekkan thoharoh dan sholat dengan tertib sesuai dengan Himputan Putusan Tarjih (HPT); Mengenalkan do’a-do’a kesehatan dan doa sehari-hari, mengenal nilai-nilai Pedoman Hidup Warga Muhammadiyah (PHIWM); dan Pedomaan Hidup Islami Warga Kampus (PHIWK).

Peserta PROPEMKA sedang mengikuti kegiatan outbond di halaman kampus UNISA

Peserta PROPEMKA sedang mengikuti kegiatan outbond di halaman kampus UNISA