Bagikan

Yogyakarta, 19 Februari 2024 – Lembaga Pengkajian dan Pengamalan Islam (LPPI) Universitas Islam ‘Aisyiyah (Unisa) Yogyakarta telah berhasil menyelenggarakan acara pembukaan dan pelaksanaan Baitul Arqam Purnah dengan tema, “Meneguhkan Pribadi untuk Profesionalitas Unggul Berkemajuan”. Acara yang diadakan secara daring melalui platform Zoom Meeting dan luring di Gedung Siti Moendjiah lantai 4 Unisa Yogyakarta. Antusiasme tinggi dari 725 mahasiswa Unisa dari berbagai program studi, mulai dari S1 Kebidanan, Manajemen, Psikologi, Arsitektur, Teknologi Informasi, hingga Profesi Bidan dan Fisioterapi.
Baitul Arqam Purnah (BAP) Unisa merupakan salah satu kegiatan yang diadakan dengan tujuan: memberikan bekal ilmu, pengalaman, dan keterampilan berorganisasi di Gerakan ‘Aisyiyah kepada para mahasiswa. Dengan pelaksanaan yang terbagi dalam lima gelombang, peserta BAP Unisa mendapatkan kesempatan untuk mendalami materi utama melalui kelas besar, penguatan materi dalam kelas kecil yang dipandu oleh fasilitator, diskusi kelompok yang memperkaya wawasan, dan review materi yang memastikan pemahaman yang mendalam.
“Saudara semua akan diajak bersama meneguhkan pribadi kita untuk menuju profesionalisme yang unggul dan berkemajuan, saya kira tiga kata tidak sederhana, saudara mulai meneguhkan dan mulai bekerja secara profesional serta bagaimana kita berpikir untuk selalu menjadi unggul dan berkemajuan. Untuk itu BAP kali ini menjadi sebuah kewajiban utama yang harus dilaksanakan. Alumni sebagai penebar visi misi Aisyiyah, gerakan-gerakan perempuan berkemajuan, untuk itu peran yang harus dilakukan bagaimana peran untuk mengerahkan, menggerakkan, mengembangkan, dan memperkuat gerakan dakwah Aisyiyah dimanapun. saya berpesan sekali lagi tidak ada balasan kebaikan kecuali kebaikan pula, saudara berbuat baik Allah SWT yang akan membalasnya” Ujar Prof. Dr. Mufdilah, S.S.It., M.Sc selaku Wakil Rektor III dalam sambutannya
Kegiatan Baitul Arqom Purna Unisa dihadiri Ketua Umum PP Aisyiyah dalam pembukaan beliau menyampaikan bahwa kegiatan BAP ini diharus baik secara vertikal dan horizontal, dari PP sampai ranting itu secara Vertikal, horizontal berarti seluruh jajaran di lingkungan amal usaha itu harus Baitul Arqom. Inti sebenarnya adalah menyiapkan kader secara ideologisasi.
Materi utama yang disampaikan dalam kelas besar membahas penguatan Nilai-nilai Islam dan Kemuhammadiyahan, Risalah islam berkemajuan dan Risalah Prempuan Berkemajuan, serta membahas nilai-nilai profesionalitas berdasarkan PHIWK yang relevan dengan konteks masa kini, seperti kepemimpinan yang efektif, manajemen waktu yang produktif, teknologi informasi sebagai alat bantu dalam pengembangan profesionalisme. Para peserta diajak untuk berpikir kritis dan merespons dinamika perubahan yang terus menerus terjadi di masyarakat dan dunia kerja.
Selain materi utama, kegiatan BAP Unisa juga menitikberatkan pada interaksi antar peserta melalui kelas kecil yang menjadi forum bagi diskusi lebih mendalam dan pengembangan keterampilan interpersonal, memastikan bahwa setiap peserta mendapatkan kesempatan untuk berkontribusi dan belajar dari sesama.
Namun, kegiatan BAP tidak hanya dilakukan secara daring. Bagi peserta yang memilih untuk mengikuti secara luring, pengalaman belajar menjadi lebih berkesan dengan adanya kegiatan tambahan. Mereka menginap di asrama Unisa untuk menjalani rutinitas keagamaan seperti sholat berjamaah dan tadarus Al-Qur’an, serta melakukan pengkajian terhadap ayat-ayat suci Al-Qur’an yang relevan dengan tema acara.
Pagi-pagi buta, semangat para peserta BAP ditantang melalui kegiatan outbound yang dirancang untuk memperkuat kerjasama tim, mengembangkan kepercayaan diri, dan menumbuhkan semangat kebersamaan. Aktivitas di alam terbuka ini tidak hanya memberikan hiburan semata, namun juga merupakan sarana untuk menerapkan konsep-konsep yang telah dipelajari dalam situasi nyata.
Baitul Arqam Purnah Unisa Yogyakarta telah berhasil menjadi wadah bagi para mahasiswa untuk mengasah potensi diri, menggali pengetahuan baru, dan memperkuat kompetensi yang diperlukan dalam menghadapi tantangan di masa depan. Melalui gabungan antara pembelajaran daring dan luring, serta kombinasi berbagai kegiatan yang menarik, peserta diberi pengalaman belajar yang holistik dan mendalam. Dengan semangat yang terus berkobar, diharapkan bahwa para peserta BAP Unisa dapat menjadi agen perubahan yang mampu menginspirasi dan memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan bangsa, serta membuktikan bahwa profesionalisme unggul dapat diraih melalui pembelajaran yang berkelanjutan dan kesungguhan.